September 18, 2020

Langkah-Langkah Yang Digunakan Jasa Audit Secara Runtut

Seorang tenaga kerja audit, kini kian dibutuhkan oleh setiap perusahaan-perusahaan besar. Untuk mengevalusi suatu kondisi perusahaan. Yang dibuat dalam bentuk laporan. Sebagai contohnya adalah laporan keuangan dalam suatu perusahaan, yang sudah ditulis secara detail dan lengkap. Laporan ini dibuat oleh seorang auditor yang dituntut untuk emiliki ketelitian tinggi serta bersifat independen.

https://auditakuntansi.com/

Tuntutan tersebutlah yang menjadikan para auditor merasa memikul beban yang berat. Karena mereka harus melaporkan hasil yang sebenar-benarnya kepada pihak internal suatu perusahaan. Selain itu setiap langkah yang digunakan oleh seorang auditor pun juga tergolong sulit. Jadi tidak heran jika pengerjaan audit tidak bisa dikerjakan oleh setiap orang tanpa pengetahuan khusus.

Dan dituntut faham mengenai langkah-langkah yang digunakan dalam proses audit tersebut. berikut beberapa langkah-langkah yang digunakan oleh seorang penyedia jasa audit secara runtut!

Langkah-Langkah Yang Digunakan Jasa Audit Secara Runtut

  1. Meminta Berkas Yang Dibutuhkan

Dalam proses audit, seorang auditor perlu membutuhkan kelengkapan berkas atau dokumen. Yang sekiranya akan dibutuhkan kepada pihak yang bersangkutan. Tepatnya setelah perusahaan mengkonfirmasi kepada seorang auditor. Untuk melakukan proses audit pada perusahaan tersebut. Dokumen-dokumen tersebut dibutuhkan lantaran suatu kebutuhan akan proses audit. Sebagai contohnya nota keuangan, rekening Koran, hingga daftar nama karyawan yang dibutuhkan pihak auditor.

  1. Menyiapkan Rencana Audit

Setelah berkas maupun dokumen sudah lengkap dan terkumpul, seorang auditor akan memeriksa kembali setiap dokumen. Guna untuk mengambil suatu perencanaan tindakan proses audit yang akan dilakukan. Sebab setiap auditor memiliki caranya masing-masing untuk mendapatkan hasil audit. Namun seorang seorang penyusun tetap mematuhi kode etiknya sebagai seorang auditor. Rencana tersebut dibutuhkan untuk dapat menghasilkan laporan yang detail dan lebih terbuka.

  1. Penyusunan Laporan Audit

Dan langkah terakhir adalah penyusunan laporan audit. Dalam tahap ini, seorang auditor akan menyiapkan beberapa laporan. Yang dilengkapi dengan rincian temuan audit selama proses dilaksanakan. Laporan yang ditulis merupakan laporan yang bersifat objektif, dan memiliki kesesuaian dengan fakta yang ada di lapangan. Sehingga setiap laporan yang dibuat, dapat dipertanggung jawabkan.

Itulah beberapa langkah-langkah yang digunakan oleh jasa audit secara runtut. Tahapan-tahapan tersebut merupakan tahapan yang umum digunakan oleh suatu tenaga kerja audit. Untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan perusahan. Sehingga setiap hasil yang diberikan dapat membantu perusahaan dalam mengatasi permasalahan yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *